Bisnis Kosmetik dan Skincare Korea Selatan


Produk kosmetik dan skincare semakin banyak diminati oleh banyak kaum wanita, dimulai dari awal tahun 2017 semakin meningkatnya minat terhadap kosmetik & skincare dan keinginan wanita yang selalu ingin merawat dan mempercantik diri, dengan hal tersebut membuat saya terdorong untuk melakukan bisnis di bidang ini, selain memiliki potensi yang baik dan juga saya memiliki minat di industri ini. 
Saya merencanakan untuk membangun bisnis kosmetik dan juga skincare, target customer terbesar saya adalah wanita, tidak menutup kemungkinan saya akan membidik pria sebagai target customer saya. Saya merasa saat ini adalah berbisnis di bidang kosmetik adalah peluang yang sangat baik. Karena hal tersebut di bulan Oktober 2017 saya mendirikan bisnis kosmetik saya sendiri dengan nama Luna.beaute, saya sebagai owner tunggal Luna Beaute.




Awal mula bisnis, saya masih mencoba sebagai reseller di beberapa supplier, dan setelah beberapa bulan berjalan nya bisnis, saya memberankan diri untuk melakukan pembelian barang di Kuala Lumpur untuk beberapa produk tertentu yang tidak dijual di Indonesia dengan sistem Pre Order, saya melakukan pembelian barang sebanyak 1 -- 2 kali dalam sebulan, yang berarti saya telah menjadi first seller di Indonesia dalam menjual beberapa produk kosmetik tersebut.

Dari awal bisnis saya dibangun hingga saat ini saya sudah memiliki 2 orang karyawan dalam membantu bisnis saya, dan saya memiliki sejumlah 12.400 follower di Instagram, dan 2000 follower di Shopee dan pada bulan April saya di nominasikan menjadi Star Seller di Shopee. 
Setelah 8 bulan menjalani bisnis dalam industri ini, saya melihat peluang mendapatkan keuntungan semakin besar, maka dari itu saya memiliki rencana untuk melakukan penjualan kosmetik dalam jumlah lebih besar lagi, yang pada saat ini saya masih menjual beberapa produk saja, jadi saya ingin mengembangkan bisnis saya lagi menjadi bisnis yang lebih besar lagi.
 Saat ini saya berencana menjadikan Luna Beaute menjadi One Stop Shopping seller, sehingga customer akan merasa puas dan loyal terhadap Luna Beaute, tanpa perlu mencari seller lain untuk membeli barang yang mereka inginkan.
Saya ingin melakukan proses impor produk kosmetik langsung dari Korea Selatan, sehingga saya akan mendapatkan harga yang termurah sehingga saya bisa menjadi firsthand seller dan mendapatkan profit yang lebih besar. Produk kosmetik dari Korea sangatlah banyak dan banyak juga dari kaum wanita yang menyukai nya. 
Beberapa contoh produk nya adalah Etude House, Natural Pasific, Nature Republic, Laneige, Innisfree dll. Hingga saat ini saya telah mendapatkan beberapa kontak supplier komsetik & skincare asal Korea Selatan dan mendapatkan pricelist khusus untuk harga reseller , selain itu dalam hal impor barang pasti ada erat kaitan nya dengan Custom (bea cukai), selain mendapatkan kontak supplier, saat ini saya sudah mendapatkan rekan yang dapat membantu saya untuk menjelaskan proses impor hingga membayar pajak yang terhutang bagi saya ketika proses impor dilakukan.  
Permasalahan yang akan dihadapi yang pertama adalah proses pengiriman impor / delivery barang terutama kosmetik ke Indonesia, pada umumnya membutuhkan proses yang tidak mudah, pertama karena pengecekkan terhadap barang tersebut, apakah kosmetik tersebut adalah produk yang aman atau tidak, apakah sudah terdaftar di BPOM atau tidak, lalu kemungkinan adanya masalah dengan Custom yang sedang redline, atau penahanan barang oleh custom, sehingga membuat barang yang telah di order terlambat sampai, yang nanti nya akan berdampak pada penjualan
Permasalah yang yang kedua adalah kompetitor, karena meningkatnya kebutuhan dan minat terhadap kosmetik & skincare, membuat para pengusaha mencoba untuk mencoba industri ini.
BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Produk kosmetik dan skincare semakin banyak diminati oleh banyak kaum wanita, dimulai dari awal tahun 2017 semakin meningkatnya minat terhadap kosmetik & skincare dan keinginan wanita yang selalu ingin merawat dan mempercantik diri, dengan hal tersebut membuat saya terdorong untuk melakukan bisnis di bidang ini, selain memiliki potensi yang baik dan juga saya memiliki minat di industri ini. 
Saya merencanakan untuk membangun bisnis kosmetik dan juga skincare, target customer terbesar saya adalah wanita, tidak menutup kemungkinan saya akan membidik pria sebagai target customer saya. Saya merasa saat ini adalah berbisnis di bidang kosmetik adalah peluang yang sangat baik. Karena hal tersebut di bulan Oktober 2017 saya mendirikan bisnis kosmetik saya sendiri dengan nama Alune.beaute, saya sebagai owner tunggal Luna Beaute.
Awal mula bisnis, saya masih mencoba sebagai reseller di beberapa supplier, dan setelah beberapa bulan berjalan nya bisnis, saya memberankan diri untuk melakukan pembelian barang di Kuala Lumpur untuk beberapa produk tertentu yang tidak dijual di Indonesia dengan sistem Pre Order, saya melakukan pembelian barang sebanyak 1 -- 2 kali dalam sebulan, yang berarti saya telah menjadi first seller di Indonesia dalam menjual beberapa produk kosmetik tersebut.

Dari awal bisnis saya dibangun hingga saat ini saya sudah memiliki 2 orang karyawan dalam membantu bisnis saya, dan saya memiliki sejumlah 12.400 follower di Instagram, dan 2000 follower di Shopee dan pada bulan April saya di nominasikan menjadi Star Seller di Shopee. 
Setelah 8 bulan menjalani bisnis dalam industri ini, saya melihat peluang mendapatkan keuntungan semakin besar, maka dari itu saya memiliki rencana untuk melakukan penjualan kosmetik dalam jumlah lebih besar lagi, yang pada saat ini saya masih menjual beberapa produk saja, jadi saya ingin mengembangkan bisnis saya lagi menjadi bisnis yang lebih besar lagi.
 Saat ini saya berencana menjadikan Alune Beaute menjadi One Stop Shopping seller, sehingga customer akan merasa puas dan loyal terhadap Alune, tanpa perlu mencari seller lain untuk membeli barang yang mereka inginkan.
Tangkapan Layar Profil Instagram

Saya ingin melakukan proses impor produk kosmetik langsung dari Korea Selatan, sehingga saya akan mendapatkan harga yang termurah sehingga saya bisa menjadi firsthand seller dan mendapatkan profit yang lebih besar. Produk kosmetik dari Korea sangatlah banyak dan banyak juga dari kaum wanita yang menyukai nya. 
Beberapa contoh produk nya adalah Etude House, Natural Pasific, Nature Republic, Laneige, Innisfree dll. Hingga saat ini saya telah mendapatkan beberapa kontak supplier komsetik & skincare asal Korea Selatan dan mendapatkan pricelist khusus untuk harga reseller , selain itu dalam hal impor barang pasti ada erat kaitan nya dengan Custom (bea cukai), selain mendapatkan kontak supplier, saat ini saya sudah mendapatkan rekan yang dapat membantu saya untuk menjelaskan proses impor hingga membayar pajak yang terhutang bagi saya ketika proses impor dilakukan.  
Permasalahan yang akan dihadapi yang pertama adalah proses pengiriman impor / delivery barang terutama kosmetik ke Indonesia, pada umumnya membutuhkan proses yang tidak mudah, pertama karena pengecekkan terhadap barang tersebut, apakah kosmetik tersebut adalah produk yang aman atau tidak, apakah sudah terdaftar di BPOM atau tidak, lalu kemungkinan adanya masalah dengan Custom yang sedang redline, atau penahanan barang oleh custom, sehingga membuat barang yang telah di order terlambat sampai, yang nanti nya akan berdampak pada penjualan
Permasalah yang yang kedua adalah kompetitor, karena meningkatnya kebutuhan dan minat terhadap kosmetik & skincare, membuat para pengusaha mencoba untuk mencoba industri ini.
BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)
1. CUSTOMER
Customer Luna Beaute bersifat mass market karena siapapun dapat menggunakan menggunakan skincare dan make up, target customer Luna Beaute adalah sebagai berikut :
  1. Wanita atau Pria
  2. Tidak ada batasan umur yang spesifik
  3. Domisili di seluruh Indonesia
  4. Customer yang memiliki keinginan untuk merawat diri dan minat terhadap make up dan skincare
2.VALUE PROPORSTION
  1. Luna Beaute akan menawarkan one stop shopping, Luna Beaute akan menyediakan produk skincare dan makeup yang variatif, sehingga para customer bisa memilih skincare dan makeup yang mereka inginkan dengan brand yang berbeda di bisnis saya.
  2. Luna Beaute akan memberikan packaging yang eksklusif menggunakan box dan thankyou card.
  3. Admin chat akan memberikan personal touch serta keramahan ketika menanggapi customer, sehingga para customer dapat berkonsultasi ketika ingin memiliki produk yang diinginkan.
3. CHANNELS
3.1 Product Awareness 
Untuk membuat target customer saya mengetahui produk saya, saya akan melakukan endorsment kepada beauty vlogger / beauty enthusiast yang memiliki engagement yang baik sebagai beauty vlogger
Selain dengan cara endorsement, Luna Beaute berencana akan menggunakan advertising promotion di social media, seperti Instagram dan Facebook.
Selain itu customer's posting , setelah customer melakukan pembelian maka customer dapat upload barang tersebut di social media yang mereka punya lalu akan mendapatkan diskon 10% untuk next purchase.
Luna beaute juga berencana untuk mengikuti event dan bazaar
3.2 Evaluation
 Dengan cara, meminta customer untuk mengisi survey pelanggan dengan      cara mengisi kuisioner menggunakan Googledocs, jika sudah mengisi maka akan mendapatkan voucher discount untuk pembelanjaan berikutnya.
3.3. Purchase
 Pelanggan bisa membeli produk Luna Beaute melalui media online dan juga e-commerce (instagram, shopee, tokopedia, line@) selain customer dapat bisa membeli produk Luna Beaute
 pada event dan bazaar yang nantinya akan diikuti.
3.4 Delivery
Untuk proses pengiriman produk yang dijual secara online, kami menggunakan jasa ekspedisi seperti SICEPAT atau J&T dalam mengirim produk kami ke customer.
Kami menyiapkan pacakaging dengan kotak berbahan soft carton yang aman sehingga dapat melindungi produk saya yang ada didalamnya
3.5 After Sales Service
Jika adanya keluhan mengenai barang yang di beli dapat menghubungi contact centre email dan nomor telepon
3.6 Marketing
Melalui social media dengan cara adversiting, endorsement, paid promote, selain itu Luna Beaute akan menerima reseller dan memberikan harga yang lebih murah jika pembelian dalam jumlah banyak.
4. CUSTOMER RELATIONSHIP
Always connected to social media Instagram, Line@ marketplace (Shopee, Tokopedia). Event and Bazaar. Co Creation. Blast Email, dengan cara mendaftarkan diri dan akan mendapatkan informasi terupdate mengenai Luna beaute
5. REVENUE
Profit selling penjualan di online (social media dan marketplace). Profit selling penjualan di offline (Event dan bazaar
6. KEY ACTIVITIES
Purchase product ke supplier Korea. Packing (Karyawan). Packaging (Vendor). Custom. Finance. Marketing. Website and social media development. Human Resources. Shipping Service
7. KEY RESOURCES
Human : Importing product (Owner). Packing paket kiriman. Admin Packing / Karyawan. Finance,  Marketing, Website and social media development, Human Resources (Owner/ Wulan). 
Equipment : Handphone / Computer Internet Connection

8. KEY PARTNER
Packaging Vendor (@atomy). Custom Partner (fahmi). Shipping Service (Mas Angga SICEPAT, Mas Kamil J&T). Reseller
9. COST STRUCTURE




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Inline CSS, External CSS dan Internal CSS

Lamb rump with salsa verde

3 Cara Menambah Followers Instagram + Contohnya